Minggu, 20 Desember 2009

Contoh Paragraf Narsi, Deskripsi, Eksposisi

Contoh Karangan Deskripsi:
Gadis Kecil di Pesisir Pantai
Gadis kecil itu tampak duduk termenung dipinggiran pantai. Matanya memandang lepas ke lautan. Tubuhnya terduduk lemas bersandarkan pohon kelapa yang berdiri kokoh di pinggiran pantai. Ia tetap terdiam bisu meskipun semerbak angin laut memainkan rambutnya.
Ia terus memandangi lautan yang biru. Gulungan riak-riak kecil tak
membuatnya bergeming. Hembusan hawa pantai nan panas, tak membuat matanya
beralih dari laut. Air pantai terus menyapu lembut kulit kakinya. Deburan suara ombak mengisiki telinganya. Hari itu langit tak berawan. Ia terus memandangi laut. Laut
yang semakin biru sampai ambang cakrawala.Ia memandangi nelayan yang tengah
menepi. Memandangi pulau kecil nan jauh di seberang sana. Ia benci laut!
Gadis itu benci laut, karena di sanalah kedua orang tuanya meninggal.
Bak titik-titik air hujan yang menetes membasahi pertiwi nan gersang, air mata gadis kecil itupun menitik membasahi pipi mungilnya nan marun. Semilir angi yang berhembus tampak mengaburkan titik-titik itu, hingga akhirnya air matanya semakin deras membasahi pipinya.

Contoh Karangan Narasi:
Cerita Kasih Putraku
Waktu itu langit tampak kelam, tatapan sinar mentari mulai bersembunyi dibalik mahkota awan nan megah. Hujan deras yang mengguyur bumi pertiwi menambah galau dihati nyonya Marta. Wajahnya tampak pucat pasi memandangi jalanan yang basah oleh air hujan. Matanya tak sedikitpun berkedip, jantungnya berdetak kencang, tubuhnya lemas. Pikirnya hanya satu, “cepat sampai griya pesakitan, cepat sampai”.
Sesampainya di rumah sakit, Nyonya Marta dibantu anak laki-lakinya yang bernama Norman memasuki lobi rumah sakit. Tak berapa lama mereka keluar, kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya keluar rumah menyongsong menyambut kehadiran Nyonya Marta dengan riang. Tuan Hasan pun bergegas menenui istrinya dan memapah istrinya yang sakit. Raut gembira menatap istrinya kembali tampak begitu jelas diwajahnya. Tetapi, raut wajahnya berubah tiba ketika tak ditemuinya nak kesayangannya yang bernama Rafael. Anak laki-laki umur 3 tahun kesayangannya, anak satu-satunya dan pewaris satu-satunya keluarga hasan Hutomo.
Dengan galau Tuan Hasan bertanya kepada istrinya”Dimanakah gerangan anak kita istriku?”. Mendengar pertanyaan itu Nyonya Marta meneteskan air matanya. Suasana yang tadinya riang berubah haru. Hingga terdengar suara ambulan memasuki halaman rumah Tuan Hasa.
Tuan Hasan berdiri kaku didepan pintu menatap karangan-karangan bunga yang mamasuki rumahnya. Sedangkan, di ruang tengah kini telah terbaring bisu putra kesayangannya. Air mata Nyonya Marta tak henti-hentinya mengalir menatapi putra sematawayangnya.
“Lihatlah suamiku anak kita kini tak lagi riuh di rumah kita, lihatlah matanya terpejam, tubuhnya kaku, mukanya pucat.”
“Lihatlah suamiku…………………….kini ia harus tidur beralaskan tanah, hanya beratap langit dan berselimut pertiwi………!”
“Tidakkah ia merasa kedinginan suamiku?”
Tak sedikitpun Tuan Hasan menjawab pertanyaan suaminya, mulutnya bungkap, dan air matanya tak hentinya membasahi rambut istrinya yang tertunduk lesu dalam pelukannya.
“Semua yang tercipta akan kembali kedalam kodratnya istriku, begitu pula manusia dia akan kembali ke sang pencipta”
“Ikhlas, marilah kita hantarkan putra kita kedalam persamayaman terakhirnya….!
”Doakan ia tertidur tenang disana!”

Contoh Karangan Eksposisi

Global Warming
Saat ini peningkatan panas bumi semakin cepat hal ini disebabkan oleh afek global warming. Apa yang dimaksud dengan global warming?. Pemanasan global (global warming) pada dasarnya merupakan fenomena peningkatan temperatur global dari tahun ke tahun karena terjadinya efek rumah kaca (greenhouse effect) yang disebabkan oleh meningkatnya emisi gas-gas seperti karbondioksida (CO2), metana (CH4), dinitrooksida (N2O) dan CFC sehingga energi matahari terperangkap dalam atmosfer bumi. Pemanasan global mengakibatkan dampak yang luas dan serius bagi lingkungan bio-geofisik (seperti pelelehan es di kutub, kenaikan muka air laut, perluasan gurun pasir, peningkatan hujan dan banjir, perubahan iklim, punahnya flora dan fauna tertentu, migrasi fauna dan hama penyakit, dsb).
Sedangkan dampak bagi aktivitas sosial-ekonomi masyarakat meliputi :
(a) gangguan terhadap fungsi kawasan pesisir dan kota pantai
(b) gangguan terhadap fungsi prasarana dan sarana seperti jaringan jalan, pelabuhan dan bandara
(c) gangguan terhadap permukiman penduduk
(d) pengurangan produktivitas lahan pertanian
(e) peningkatan resiko kanker dan wabah penyakit, dsb).

Contoh Karangan Argumentasi


PENTINGNYA TEKNOLOGI INFORMASI DI SEKOLAH DASAR

Teknologi informasi atau sering di sebut Ti sangat penting untuk di gunakan di sekolah, karena seiring dengan perkembangan zaman yang semuanya sudah berbasis internet. Sehingga untuk mencari sebuah informasi kita hanya tinggal mengakses dari internet. Begitu juga membrikan pelajaran tambahan tentang TI kepada peserta didik, di zaman yang serba internet seperti saat ini anak harus dibekali kemampuan di bidang TI sebagai bekal untuk anak. Karena apabila anak tidak mempunyai bekal di bidang teknologi maka anak akan kesulitan saat berada di sekolah menengah pertama. Untuk itu TI sangat penting Pada proses pembelajaran di sekolah dasar


2 komentar: