Jumat, 18 Desember 2009

Tugas Bahasa Indonesia 3 Resume

KETERAMPILAN MENULIS

1. Pengertian Menulis

Menulis ialah menuliskan lambang-lambang grafik yang menunjukan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orag lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik tersebut.

2. Fungsi Menulis

Fungsi utama tulisan adalah alat komunikasi secara tidak langsung, karena tulisan dapat membantu kita membantukita menjelaskan pikiran kita.

3. Tujuan Menulis

Beberapa tujuan menulis adalah sebagai berikut :

a. Tujuan Penugasan

Disini penulis menulis karena ditugaskan/ karena diperintah.

b. Tujuan Altruistik

Penulis menulis bertujuan untuk menyenangkan pembaca, menghindarkan kedukaan pembaca, menolong para pembaca, memahami dan menghargai perasaan pembaca, dan ingin membuat hidup para pembaca dan lebih mudah dan lebih menyenangkan dengan karyanya.

c. Tujuan Persuasif

Penulis betujuan meyakinkan pembaca akan pendapatnya.

d. Tujuan Informasi/ Tujuan Penerangan

Penulis menulis bertujuan memberi informasi atau keterangan kepada pembaca

e. Tujuan Pernyataan Diri

Tulisan bertujuan memperkenalkan atau menyatakan diri sang penulis kepada pembaca.

f. Tujuan Kreatif

Tulisan yangbertujuan menyampaikan gagasan atau ide kreatif.

g. Tujuan Memecahkan Masalah

Penulis menulis bertujuan untuk memecahkan tulisan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

4. Ragam Tulisan

a. Narasi

Narasi adalah karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman berdasarkan urutan waktu (kronologis). Narasi terbagi menjadi dua yaitu :

1) Narasi Ekspositoris

Tulisan yang menginformasikan peristiwa dengan bahasa yang lugas dan konfliknya tidak terlalu kelihatan.

2) Narasi Artistik atau Literer

Adalah tulisan yang murni sebagai tulisan narasi.

b. Deskripsi

Adalah jenis karangan yang melukiskan atau mengambarkan suatu obyek apa adanya.

c. Eksposisi

Adalah jenis karangan yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara akurat.

d. Argumentasi

Adalah jenis karangan yang bertujuan mempengaruhi pembaca dengan bukti-bukti, alasan, atau pendapat yang kuat.

5. Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Kegiatan Menulis

1) Paragraf

Adalah seperangkat kalimat yang membahas satu topik atau hanya mengacu pada gagasan pokok. Berdsar letak kalimat utamanya paragraf dibagi menjadi :

a) Paragraf deduktif

Paragraf yangkalimat utamanya berada di awal paragraf.

b) Paragraf induktif

Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf.

c) Peragraf variatif

Adalah paragraf yang dimulai dengan kalimat pokok dan di akhiri dengan kalimat pokok, kalimat pokok di akhir paragraf merupakan penegasan dari awal paragraf.

d) Paragraf naratif/deskriptif

Adalah paragraf yang pikiran utamanya tidak dinyatakan secara jelas.

e) Paragraf ineratif

Paragraf yang diawali dengan penjelasan menuju ke pernyataan umum dan diakhiri dengan penjelasan lagi.

Berdasar fungsi paragraf di bedakan atas :

a) Paragraf pembuka

Paragraf yang berperan sebagai pengantar untuk sampai pada masalah yang akan diuraikan.

b) Paragraf penghubung

Paragraf ini berisi inti asalah yang akan di uraikan.

c) Paragraf penutup

Paragraf ini berisi kesimpulan dari paragraf penghubung.

2) Kerangka karangan

Adalah outline sebuah krangan yang sudah diatur secara sisitematis, lenkap ,mnyeluruh dan mencakup semua hal yang akan di kemukakan, baik urutan relasi antar persoalan yang satu dengan yang lain didalam karangan itu maupunlambang dan tanda-tanda pada kerangka dan jenjangya.

3) Langkah-langkah menyusun kerangka

a) Catat semus ide

b) Seleksi ide-ide secara tepat

c) Urutkan ide secara tepat

d) Kelompokkan ide-ide yang berdekatan pada suatu heading[

e) Langkah seleksi sudah di kerjakan

Sistem penempatan suatu heading dapat dilakukan dengan macam-macam cara

o Cara biasa (natural order)

o Berdasar pertimbangan logos (order of climax)

o Dari yang kusus ke yang umum (spesific to general)

o Berdasar sebab akibat (order of ause to effect)

o Dari akibat menjurus ke sebab (orders to cause)

o Berdasar hubungan eratnya materi (oerdr of familiaryty)

o Dari yang rmanfaat kyang tidak brmanfaatdan sebaliknya (order of utility)

o Dari yang sukar kepada yang lebihmudah (orderof the dominant impression)

o Urutan berdasar prtimbangan psikologi (order of phychological effect)

o Berdasar kemunkinan saling menjelaskan

4) Pengembangan kerangka karangan

a) Pendahuluan bersifat menjlaskan dan mendorong

Usahakan agar kalimat-kalimat utama pada bagian ini memikat hatipembaca shinnga ia inginlebih banyak mengtahui apa yang di uraikan pada bagiankarangan selanjutnya.

b) Batang tubuh sebagai isi karangan

Batang tubuh mrupakan karangan yang sebenarnya, didalam nya terdapat segalalsesuatu yang berkaitan dengan masalah yang di kemukakan

c) Bagian penutup

Dan 3 butir sifat dari bagian penutup :

· Sebagai rangkuman

· Prnyataan kembali

· Hanya sebagai kata penutup

6. Teknik Penulisan

Kemampuan menulis apat di mbangkan dengan cara :

a. Sering menulis berdasar kegunaan ( p[urpose) sepsifik atau audienceI;

b. Memahami fakta bahwa ”menulis” dalah ”mnengok kembali” (writing in revising) dengan kata lain mnulis adalah memprdalam kahlian anda;

c. Memperoleh pengalaman diting yang akan bermanfaat tidak hanya untuk menulis tapi secara kseluruhan bermanfaat untuk pngembangan kmapuan riset dan audiitory atau observasi

7. Tujuan Pembelajaran Menulis

Tujuan pengajaran ketrampilan menulis adalah sebagai berikut:

a. Mampu memilih dan menerima gagasa dengan penalaran yang logis dan sistematis.

b. Mampu menuangkan ke dalam bentuk-bentuk tuturan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

c. Mampu menuliskan sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bhasa Indonesia Yang Disempurnakan.

d. Mampu memilih ragam bahasa Indonesia sesuai konteks komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar